Cerai, Rumah Dibelah Dua

Pasangan suami istri yang akan berpisah di Kamboja membelah rumah mereka menjadi dua agar tidak terkena proses perceraian yang rumit di negara mereka.
Moeun Rim dan istinya, Nhanh, yang telah 40 tahun menikah, memotong rumah mereka menjadi dua pekan lalu setelah terlibat pertengkaran, kata para pejabat setempat.

Sang suami membawa pergi separuh bangunan rumah mereka dan pasangan itu juga membagi tanah mereka menjadi empat bagian - dua bagian untuk anak-anak mereka dan dua lagi untuk mereka.
Bercerai di Kamboja memakan biaya besar dan prosesnya bisa sangat panjang dan rumit.

Rumah tersebut - atau separuh dari bangunan rumah itu - berada di provinsi Prey Veng, sekitar 90km dari ibukota Phnom Penh.
Pasangan suami-istri itu bertengkar setelah Pak Moeun menuduh sang istri tidak mengurus dirinya ketika sakit.
Pengacara setempat, Prak Phin, mengatakan kepada koran Phnom Penh Post bahwa pembagian bangunan rumah dan tanah itu sah jika kedua pihak menyetujuinya. Namun ini bukan berarti suami-istri itu bercerai secara remi.

"Kalau di masa depan ada persengketaan di antara mereka, pemerintah provinsi tidak dapat bertanggungjawab, karena tidak ada putusan cerai dari pengadilan," kata Prak Phin.
SHARE

InDigest

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
Baca Juga Artikel Ini close button minimize button maximize button
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: